Piala Bupati Situbondo IV

oleh -1.210 views
New AGS Bird Farm

Piala Bupati Situbondo IV, LDI IX

Narasoma Kokoh di Enam Warna, Basudewa dan Patria Tampil Stabil

Gelaran lomba Seni Suara Alam Burung Derkuku Piala Bupati Situbondo IV Minggu, 21 Oktober 2018 berlangsung semarak dan penuh kekompakan. Menempati lapangan Mandala di Jalan Gunung Arjuna Situbondo, seluruh jumlah kerekan yang disediakan panitia nyaris penuh. Acara juga berlangsung sukses dan lancer. “Alhamdulillah gelaran kami berlangsung sukses tanpa kenadala dan didukung oleh seluruh dekoemania,” jelas Harianto selaku ketua panitia.

Team Guyub Rukun dipimpin langsung Sunaryo Arumania BF Wates Kediri
Dekoemania Bali hadir dalam kekautan besar namun tanpa target

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum PPDSI Moh Makhrus, dekoemania Bali, Team Guyub Rukun, dekoemania Yogyakarta, Solo, Trenggalek, Kediri dan Tulungagung. Dalam sambutannya, Moh.Makhrus menyampaikan rasa senang dengan kekompakan yang selalu ditunjukkan dekoemania dalam berbagai kegiatan lomba.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri
Formasi juri yang bertugas, mampu menjalankan secara profesional

“Saya salut dengan dekoemania yang menjadikan lomba tidak hanya sebagai ajang menurunkan jago-jago mereka, tetapi juga jadi ajang silaturrahmi,” terangnya. Hal senada dilontarkan Made Thenda, Ketua PPDSI Bali. “Saya senang berada di lapangan karena lihat teman-teman bisa bergurau dan saling memberikan semangat,” kata Made Thenda.

Ketua Panitia, Harianto memberikan sambutan didampingi juri dan Ketua Umum PPDSI

Sunaryo yang mewakili kehadiran Team Guyub Rukun menyampaikan rasa senang bisa hadir di lapangan. “Kami rombongan dari TGR Trenggalek, Kediri, Tulungagung dengan membawa sekitar 14 burung. Alhamdulillah lebih dari separuh burung yang kami bawa masuk menajdi juara di berbagai kelas yang kami ikuti,” papar pemilik Arumania BF Wates Kediri.

Penancapan bendera koncer juara pertama Kelas Senior oleh Ketua Umum PPDSI
Narasoma ditetapkan sebagai juara pertama Kelas Senior dengan raihan bendera enam warna

Kondisi lapangan yang terasa begitu menyengat tidak membuat peserta membiarkan sesi penjurian berlangsung begitus aja. Mereka rata-rata tak enggan untuk berpanas-panas hanya untuk memberikan support pada orbitan miliknya. Sesekali Nampak beberapa peserta yang terpaksa berteduh ditenda-tenda yang disediakan panitia.

Penancapan bendera koncer juara pertama Kelas Yunior oleh Kuncoro BS Solo
Basudewa dinobatkans ebagai jaura pertama Kelas Yunior dengan penampilan stabil bendera lima warna

Tidak demikian dengan jago-jago yang berada di atas kerekan. Mereka rata-rata bertahan untuk membuktikan kualitasnya sebagai burung terbaik. Lantunan suara yang ditampilkan seakan menjadi pertanda bahwa cuaca panas tak menyurutkan untuk tetap tampil bagus. semisal Narasoma, orbitan B2W Bird Farm Yogyakarta.

Made Thenda menancapkan koncer juara pertama Kelas Pemula
Patria, orbitan Hanafi Blitar meraih juara pertama Kelas Pemula dengan raihan bendera stabil 5 warna

Tampil pada kerekan 53, derkuku bergelang B2W 1418, semakin lama menunjukkan kelasnya sebagai burung handal. Hal ini bisa terlihat dari hasil nilai yang diraih dari babak pertama sampai babak akhir. Dua babak, yakni pertama dan kedua, Narasoma yang tampil di kelas Senior hanya mampu mengakhir penjurian dengan nilai lima warna.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang
Peraih doorprize utama sepeda gunung

Sebaliknya pada babak ketiga dan keempat, performanya makin menggila. Dua babak ini Narasoma melejit dengan perolehan nilai bendera enam warna. Perolehan ini langsung memastikannya sebagai peraih juara pertama, karena tak ada satupun lawan yang turun pada kelas yang sama, meraih nilai enam warna.

Basudewa, peraih podium pertama di Kelas Yunior mampu tampil stabil dari babak pertama sampai keempat. Dikerek pada nomor 89, derkuku ring B2W 1569 mampu meraih nilai bendera 5 warna empat babak berturut-turut. Begitu juga dengan Patria, orbitan Hanafi Blitar yagn meraih juara pertama pada Kelas Pemula pada kerekan 11.

Ruang pembawa acara dan panitia saat sedang menjalankan tugas

Performa stabil dengan nilai bendera lima warna mengantarkan derkuku ternakan Anak Sholeh meraih juara pertama. Di akhir acara, panitia Piala Bupati Situbondo IV yang merupakan agenda Liga Derkuku Indonesia seri IX mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mendukung berlangsungnya lomba derkuku sehingga tergelar dengan suskes dan lancer.

“Kami menyadari sukses gelaran Piala Bupati Situbondo IV berkat dukungan rekan-rekan dari Bali, Yogyakarta, banjrnegara, Solo DKI Jakrta, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Blitar. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas semua dukungannya. Dan kami juga meminta ma’af jika selama pelaksanaan masih ada kekurangan selama pelaksanaan acara,” papar Harianto.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor