Suhartoko Prada Bird Farm Trenggalek, Melatih Kesabaran Lewat Hobi, Sempatkan Komunikasi Meski Sibuk

Suhartoko Prada Bird Farm Trenggalek, Melatih Kesabaran Lewat Hobi, Sempatkan Komunikasi Meski Sibuk

Hobi kadang menjadi sebuah pilihan bagi masyarakat yang ingin memiliki kesibukan baru selain aktifitas rutin. Meski menjadi sebuah kesibukan di luar rutinitas pekerjaan utama, seringkali hobi malah menjadi sebuah aktifitas yang memiliki manfaat luar biasa. Berbagai alasan mengapa masyakarat menekuni hobi.

Suhartoko (kanan) tekuni hobi demi melatih kesabaran

Beberapa dari mereka yang masuk menjadi bagian komunitas hobi, mengaku bahwa ada alasan kuat mengapa hobi dijadikan pilihan. Salah satunya Suhartoko, dekoemania asal Trenggalek Jawa Timur. Menekuni hobi derkuku adalah sebuah pilihan yang diambil karena ingin mendapatkan manfaat.

“Terus terang saya menekuni hobi derkuku karena ingin melatih kesabaran,” terang Suhartoko mengawali obrolan. Keputusan menjadi bagian komunitas penghobi, peternak dan pelomba derkuku berawal ketika berada dalam sebuah gelaran lomba derkuku. Hartoko melihat disekeliling arena, peserta menunjukkan sikpa santun dan sabar.

Bersama rekan-rekan sesama dekoemania Trenggalek

“Saya melihat saat diajak oleh rekan-rekan ke lomba derkuku, disana saya melihat orang-orang begitu sabar mengikuti kegiatan tersebut. Mereka harus berpanas-panas menunggu burungnya yang dikerek. Tidak ada kesan arogan yang diperlihatkan meski suasananya begitu menyengat,” urai ASN di Pemkab Tulungagung.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kesabatan sanagt dibutuhkan olehnya untuk menghadapi beragam persoalan terkait pekerjaan yang saat ini sedang dilakoni. “Saya setiap hari harus berhadapan dengan orang-orang dengan latar belakang berbeda, sehingga saya harus memiliki kesabaran tingkat tinggi untuk menghadapi mereka,” sambung Suhartoko.

Ternak derkuku menjadi penyeimbang selain turun lomba

Kenyataan itulah yang akhirnya mendorongnya untuk masuk dan menjadi bagian dalam kelompok tersebut. Meski tergolong orang baru, Suhartoko berusaha belajar dari beberapa rekan senior agar bisa mendalami dan memahami apa itu hobi derkuku. Pelan namun pasti, perjalanan hobi derkuku yang ditekuni, ternyata bisa berjalan sesuai keinginan.

Setidaknya Suhartoko mengaku bisa lebih sabar dalam setiap tindakan sehari-hari. “Alhamdulillah saya bisa sedikit demi sedikit mengendalikan diri menjadi orang yang lebih sabar. Memang proses yang saya lalui tidak datang secara singkat, tetapi saya menjalaninya dengan ikhlas tanpa tekanan,” imbuh Ketua Perkumpulan Puter Pelung di Trenggalek.

Prada Bird Farm Trenggalek, nampak asri dan sejuk

Berbagai kegiatan lomba juga sudah menjadi agenda diluar jadwal padatnya sebagai kepala di salah satu bagian Pemkab Trenggalek. Sejak menyatakan bergabung sejak 2020 lalu, nama Suhartoko sudah menghiasi perjalanan hobi, khususnya di Trenggalek. Prestasi juara pertama dalam sebuah gelaran di Trenggalek 2021 lalu pada Kelas Bebas menjadi raihan teranyar.

Diakui bahwa untuk saat ini, kegiatan tidak bisa jauh-jauh dari Trenggalek. Bagi Suhartoko yang terpenting hobi bisa tetap jalan disamping pekerjaan kantor yang selalu padat. Demi menunjang hobi tersebut, Suhartoko juga berusaha untuk menjadi seoerang peternak derkuku. Maka dibangunlah kandang ternak persis di depan kediamannya yang nampak asri.

Salah satu prestasi yang sempat diraih dalam sebuah kegiatan

Sederet nama indukan bergelang Anak Sholeh, B2W, TKL dan farm lain menjadi penghuni resmi kandang ternak bernama Prada. Meski tidak banyak berada di kandang ternak, namun proses produksi tidak pernah mengalami masalah. Beberapa indukan yang dimiliki berhasil menghasilkan anakan sesuai harapan.

Sejak pandemi corona menghantam sejak dua tahun lalu, aktifitas hobi memang mengalami kevakuman. Namun demikian, Suhartoko mengaku tidak pernah memutuskan untuk tetap menjalin komunikasi dengan sesama dekoemania. “Terus terang kegiatan sejak adanya covid, nyaris tidak ada, tetapi kami tetap berkomunikasi lewat goruo WA,” ungkap Hartoko lagi.

Ditengah kesibukan mash sempatkan tekuni hobi derkuku

Terlebih dengan kesibukan yang semakin padat, tidak mungkin kegiatan hobi bisa setiap saat di lakukan. “Sampai saat ini saya belum punya banyak waktu untuk selalu aktif di hobi karena kesibukan kantor semakin tinggi, namun saya berupaya untuk tetap jalin komunikasi dengan rekan-rekan sesame penghobi dengan tujuan agar perkembangannya bisa tetap saya pantau dan saya ketahui,” kata pemilik Prada Bird Farm lagi. 

Setelah pandemi mulai reda, Trenggalek berharap bisa kembali menghadirkan kegiatan seperti sebelumnya, yakni lomba burung derkuku. “Meski saya tidak bisa secara langsung turun lapangan, namun saya berusaha untuk mendukung dan mensupport kegiatan hobi derkuku yakni lomba,” jelasnya menutup obrolan.

author

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.