Cara Membuat Perangkap Burung Derkuku Liar

oleh -36 views
New AGS Bird Farm

Cara Membuat Perangkap Burung Derkuku Liar –  Burung Derkuku/Tekukur sekarang ini semakin banyak penggemarnya karena suara anggungannya begitu merdu.

Selain harga ombyokan burung Derkuku cukup murah dan mudah dipelihara karena jenis pakannya adalah biji-bijian, jadi tidak perlu dilatih untuk makan voer seperti burung ocehan.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Apabila kita membeli burung Derkuku ombyokan, tentunya kita tidak tahu kualitas suaranya karena burung tersebut belum bunyi.

Tidak semua suara burung derkuku bagus, karna masing-masing burung derkuku mempunyai karakter suara yang berbeda. Ada burung derkuku yang suaranya kecil, besar atau tebal ada juga yang merdu bahkan cempreng, ada yang suara ujungnya tanpa kuk, kuk-1, kuk-2, dan ada yang kuk-3.

Oleh karena itu, banyak penggemar burung Derkuku yang lebih memilih untuk menangkap burung Derkuku liar yang sudah terpantau suara manggungnya bagus dengan cara dipikat menggunakan burung pemikat dan alat jerat atau menggunakan benang nilon.

Berikut ini adalah cara pertama membuat alat jerat menggunakan benang nilon untuk menangkap burung Derkuku Liar. Sebagai berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan:

– Kenur atau benang nilon (bisa warna hitam atau putih)

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

– Bambu yang dibuat sebesar lidi dengan ukuran pendek yang dibuat tajam.

– Bambu kecil panjang untuk tiang jebakan.

– Belahan bambu yang telah di bentuk (Pastikan bambunya bagus, tidak mudah patah)

– Bambu yang seukuran lidi dengan ukuran panjang yang dibuat lentur.

Cara merakitnya:

1. Bambu yang sudah dibelah dan sudah di bentuk tadi ditancapkan ke tanah.

2. Kemudian lidi yang panjang dipasang disebelahnya.

3. Lidi kecil yang sudah di ikat ke bambu kecil dijadikan tiang dan ditancapkan disebelahnya, lalu lidi yang kecil ditarik sampai melengkung dan dikaitkan ke belahan bambu yang sudah di bentuk dan apit dengan lidi yang panjang.

4. Kenur atau benang nilon yang sudah dibuat ikatan melingkar di ujung lidi kecil ditarik di atas lidi yang panjang.

5. Bentuknya ikatannya dibuat melingkar, nantinya ketika lidi yang panjang di injak oleh burung Derkuku/Tekukur, lidi yang kecil akan lepas dari kaitnya kemudian bambu kecil panjang yang tadi ditarik sampai membentuk melengkung akan menarik benang nilon tersebut dan akan mengikat kaki burung Derkuku karena tali nilon yang dibuat ikatan kendor tersebut diletakkan ditanah yang nantinya akan dilewati burung Derkuku.

Selain dengan cara diatas, cara kedua yaitu dengan cara memikat. Kita dapat membuat alat jerat tersebut beberapa buah dan diletakkan mengelilingi burung Derkuku yang dijadikan pemikat. Dengan cara berikut ini :

1. Pasang alat jerat dan burung Derkuku pemikat di lokasi yang terpantau ada burung Derkuku liar bersuara bagus yang kita incar.

2. Gunakan burung Derkuku yang gacor dan sudah terlatih sebagai pemikat sehingga bisa memancing burung Derkuku liar untuk datang mendekat.

3. Tempatkan burung Derkuku pemikat di tanah dan pasang jeratnya mengelilingi burung pemikat tersebut, sehingga ketika ada burung Derkuku liar yang datang menghampiri burung Derkuku pemikat akan langsung terjerat kakinya.

Nah begitulah Cara Membuat Perangkap Burung Derkuku Liar semoga bermanfaat dan terimakasih.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor