Mengapa Dan Bagaimana Burung Derkuku Pilek, Batuk Dan Bersin

oleh -587 views
Perawatan Burung Derkuku Saat Musim Hujan
New AGS Bird Farm

Mengapa Dan Bagaimana Burung Derkuku Pilek, Batuk atau Bersin – Ya seperti halnya manusia, burung derkuku pun bisa pilek. Sebab, pilek adalah gejala yang timbul karena beberapa faktor, antara lain karena peradangan, stres dan influenza yang biasa disebut flu. Flu itu sendiri disebabkan oleh RNA virus dari keluarga. Bedanya pilek manusia dan burung hanya karena penyebabnya, yakni perbedaan virus influenza yang menyerangnya.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor

Sementara itu beda dengan virus influenza A, maka virus influenza B dan C tidak menyerang selain manusia. Artinya, burung Anda pasti tidak akan diserang virus influensa B atau C.

Gejala yang biasanya timbul akibat serangan virus influenza A pada burung derkuku adalah terjadinya peradangan dan karenanya burung derkuku terlihat nyekukruk, bulu mengembang, mata sayu dan kadang berair. Hal ini menunjukkan burung derkuku merasa sakit seperti halnya manusia yang terserang flu, yang biasanya mengalami demam, pusing, kelelahan, batuk kering, kerongkongan gatal, hidung mampet, hidung meler, bersin-bersin bahkan batuk-batuk.

Daya tahan burung turun

Namun pilek dan gejalanya seperti batuk, bersin, hidung meler dan sebagainya pada burung derkuku biasanya akan menimpa burung derkuku dengan daya tahan tubuh yang rendah. Sebab, sebagaimana pada manusia, tubuh yang lemah akan mudah tersang atau terinfeksi virus. Daya tahan melemah pada burung derkuku menimpa pada burung derkuku dalam kondisi lelah dan stres.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh burung derkuku, maka Anda harus menjaga agar burung derkuku tidak kelelahan, berada dalam ruangan yang melindungi burung derkuku dari perubahan cuaca atau suhu secara drastis, amplitudo (perbedaan suhu siang dan malam) yang ekstrim serta mencukupi kebutuhan nutrisinya. Sebab dengan tercukupi nutrisinya, tubuh burung derkuku akan normal pula dalam memproduksi zat-zat perlindungan tubuh.

Pilek dengan segala manifestasi atau gejalanya, akan sangat berpengaruh pada performa burung derkuku. Ada gejala yang sangat bisa dilihat, misalnya burung derkuku nyekukruk dan sebaganya. Namun ada pula yang tidak terlihat gejalanya, karena tahu-tahu burung derkuku menjadi pendiam, tidak lagi lahap dalam makan, kurang semangat tempurnya dan sebagainya.

Jika hal ini dibiarkan, akan sangat fatal akibatnya. Dalam jangka pendek mungkin kita hanya tidak lagi mendangar kicaunya yang merdu atau tidak bisa lagi melihat tampilnya secara maksimal di lomba dan sebagainya. Namun dalam jangka panjang, burung derkuku akan benar-benar drop dan biasanya tidak tertolong lagi nyawanya.

Berkaitan dengan itu, sebaiknya Anda selalu menjaga burung derkuku Anda dari kemungkinan buruk perubahan cuaca yang tidak menentu, dan menjaga suplai nutrisinya secara maksimal baik untuk peliharaan sehari-hari, atau terutama ketika burung derkuku memasuki masa mabung, bertelor atau mengeram atau akan dibawa dalam perjalanan jauh.

Nah begitulah Mengapa Dan Bagaimana Burung Derkuku Pilek, Batuk Dan Bersin, semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri