Memilih Jamu Untuk Burung Derkuku

oleh -64 views
New AGS Bird Farm

Memilih Jamu Untuk Burung Derkuku

Memilih Jamu Untuk Burung Derkuku – Burung derkuku merupakan jenis burung anggungan yang hingga sekarang masih tetap populer dan banyak penggemarnya sebab suaranya yang merdu dan mudah perawatannya seperti burung perkutut maupun burung puter. Dengan mendengarkan suara anggungan burung derkuku yang merdu dapat membuat suasana terasa tentram.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Saat ini juga rutin diadakan Latihan Bersama (LatBer) maupun lomba untuk burung derkuku. Nah, salah satu kiat untuk menjaga kualitas burung derkuku adalah dengan memberikannya atau memilih jamu untuk burung derkuku berbahan rempah – rempah.

Jamu Untuk Burung Derkuku

Untuk menjaga kualitas burung derkuku banyak sekali cara yang dilakukan. Ada yang memberikan pakan rutin dari biji – bijian berkualitas bagus sebagai pakan pokoknya. Dan yang paling penting memberikan jamu berbahan rempah – rempah misalnya kunyit, kencur, temulawak dan sedikit jahe. Dengan cara bahan – bahan rempah tersebut di kupas bersih lalu di cuci bersih dan di haluskan.

Jika sudah halus hasilnya di peras dan airnya di campurkan pada pakan biji – bijian seperti milet putih, milet merah, gabah kecil dan kenari seed. Setelah itu biji – bijian dicampur merata kemudian di jemur dibawah terik matahari sampai kering.

Cara Membuat Jamu Derkuku Sebelum Ikut lomba

Untuk keperluan lomba juga ada cara membuat jamu lainnya agar burung derkuku yang akan di lombakan lebih berkualitas. Bahkan juga ada yang cukup memberikan irisan kencur secara berkala maupun membeli jamu untuk burung derkuku yang sudah jadi berupa kemasan di kios – kios pakan burung. Manfaat kencur disini ialah untuk menjernihkan suara dan membuat napas panjang. Yang paling penting ialah burung derkuku yang di lombakan harus di latih mentalnya seperti di ikutkan latihan bersama maupun di gantang di kompleks rumah bersamaan dengan burung derkuku lainnya.

Seminggu sebelum lomba diadakan burung derkuku harus benar – benar di rawat secara intensif dan jika sudah di jodohkan maka diambil dulu dari kandang penangkaran baru kemudian di tempatkan di sangkar sendiri. Bagi beberapa orang untuk mempersiapkan jamu bagi burung peliharaanya, memiliki jamu khusus dengan bahan – bahan yang rahasia.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

Namun mayoritas tetap berasal dari rempah alami dan di berikan pada setiap minggu sekali. Setelah di beri jamu di beri juga jamu madu murni. Burung derkuku juga di mandikan seperti di semprot atau pun di rendam sejenak dengan air hangat. Kemudian di angin – anginkan sebentar dan di jemur.

Penjemuran untuk burung derkuku bisa dilakukan setiap hari di mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 dan untuk penggantangannya di tiang kerekan cukup dua hari sekali saja. Sebenarnya pemberian jamu selain membeli rasanya lebih maksimal hasilnya jika kalian membuat sendiri.

Jika kalian ingin membuat sendiri pertama – tama siapkan bahannya terlebih dahulu. Yaitu dengan mengggunakan bahan yang alami antara lain rimpang kencur di tambah dengan telur, madu, kunyit, bawang putih, jahe serta daun saga. Disini sebaiknya kalian menggunakan telur ayam kampung karena nantinya akan membantu menambah stamina di tubuh burung derkuku. Semua bahan – bahan rempah – rempah tersebut di cuci bersih lalu di haluskan dengan cara di blender, setelah halus di buat bulatan – bulatan kecil. Bila sudah di buat bulatan – bulatan maka kemudian di keringkan. Jamu ini di berikan rata- rata satu atau dua minggu sekali. Jika burung derkuku kalian di ikutkan lomba bisa memberikannya sehari sebelum lomba dilaksanakan.

Nah itu saja ulasan tentang Memilih Jamu Untuk Burung Derkuku untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor