Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung

Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung

Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung

Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung – Sangkar burung atau yang biasa disebut sebagai kandang burung merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pelengkap ketika anda memelihara burung kicauan. Alasan mengapa seorang pecinta burung kicauan atau anggungan harus memperhatikan sangkar burung karena masing-masing dari burung kicauan memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung

Dengan menentukan ukuran sangkar burung dapat memberikan kelonggaran dan kenyaman bagi burung piaraan anda untuk melangsungkan hidupnya. Ini juga berlaku untuk burung anggungan seperti burung derkuku dan puter pelung ataupun puter lokal. Dalam memilih sangkar burung anda harus mengetahui Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung sebagai berikut di bawah ini.

1. Penentuan Bahan Sangkar

Umumnya sangkar bisa terbuat dari bahan bambu, besi, ataupun kayu. Namun, untuk sangkar burung derkuku dan perkutut biasanya peternak atau pecinta burung akan lebih memilih sangkar yang terbuat dari bambu. Sangkar jenis ini telah ada sejak lama, namun saat ini semakin banyak perkembangan sangkar yang terbuat dari bambu tersebut. Bahkan ada yang dilengkapi dengan ukiran, cat warna serta hiasan lainnya yang menarik dan lebih menambah nilai keindahannya. Sehingga akan lebih memberikan rasa nyaman orang yang melihatnya.

2. Kualitas Bahan

Kualitas bahan dari sangkar burung derkuku tersebut juga harus diperhatikan. Sehingga sangkar dapat bertahan lama dan tidak mudah lapuk. Jika anda memilih sangkar yang terbuat dari bahan kayu anda bisa memilih kayu jati sebagai bahan pembuatannya. Namun, jika memilih sangkar yang terbuat dari besi pilihlah besih dengan kualitas baik yang tidak mudah karatan.

3. Memperhatikan Luas Kandang

Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung selanjutnya agar burung lebih dapat leluasa dan nyaman berada di dalam sangkarnya, maka sediakan atau pilih sangkar burung yang memiliki ukuran luas. Kandang yang luas dapat memberikan sedikit kebebasan untuk burung derkuku atau puter agar dapat terbang di dalamnya. Apabila anda memilih sangkar burung yang kurang luas, maka dapat menyebabkan burung derkuku atau puter mudah stress, bahkan dapat membuat sayap burung terluka apabila burung mengepakan sayapnya.

4. Tinggi Kandang

Tidak hanya harus memperhatikan luasnya saja, melainkan juga tinggi dari sangkar tersebut. Sangkar burung yang baik dan nyaman untuk burung puter dan derkuku adalah sangkar burung yang luas dengan tinggi yang tidak terlalu rendah. Biasanya sangkar burung derkuku dibuat dengan ketinggian kurang lebih satu meteran. Namun, hal ini kembali kepada kondisi fisik dari burung, seberapa besar dan berapa berat burung tersebut.

5. Pintu kandang

Untuk kandang jenis peternakan, anda dapat melengkapnya dengan pintu kandang yang ideal biasanya berukuran 60 cm x 90 cm. Tujuan ukuran pintu yang cukup lebar ini untuk memudahkan perawatan, pembersihan ataupun memudahkaan anda untuk menangkap burung tersebut. Untuk menghindari agar burung derkuku atau puter tidak lepas ketika anda membersihkan kandang, jangan lupa untuk melengkapinya dengan engsel pengunci. Lengkapi juga dengan pintu kecil dengan ukuran 15 cm x 15 cm yang dipasang dibagian depan sebelah atas. Pintu kecil ini berfungsi untuk mengecek telur dan anakan yang masih kecil. Sementara untuk pintu sangkar atau kandang sesuaikan dengan ukuran besarnya burung.

6. Lantai Kandang

Sangkar burung derkuku dan puter yang baik adalah lantai kandangnya sebaiknya dipelur dengan semen. Sehingga tidak hanya beralaskan dengan tanah dan pemilik dapat dengan mudah membersihkannya. Sedangkan untuk jenis lantai pada sangkar anda bisa menggunakan triplek atau kayu tipis yang dapat diselipkan di bawah sangkar agar anda mudah untuk membersihkan kotorannya.

Nah, itulah Tips Memilih Sangkar Derkuku Dan Puter Pelung yang dapat anda jadikan sebagai referensi. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.