Cara Memegang Burung Derkuku yang Benar

Cara Memegang Burung Derkuku yang Benar

Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar

 

Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar – Burung derkuku atau dapat juga disebut dengan tekukur merupakan salah satu jenis burung yang dari jaman dahulu hingga sekarang banyak yang memeliharanya. Burung anggungan yang satu ini telah dikenal sejak jaman dahulu karena adanya mitos dan manfaat ketika memelihara. Orang-orang terdahulu percaya apabila seseorang memelihara burung derkuku maka dapat menangkal tolak bala dan menjaga rumah dari kejahatan orang yang berniat buruk. Selain itu, mitos lainnya burung ini juga dapat memudahkan dan melancarkan dalam mencari rezeki. Akan tetapi, hal tersebut kembali lagi kepada yang mempercayainya.

Keunggulan utama dari burung derkuku ini terdapat pada suara anggungannya yang sangat merdu dan khas. Sehingga tidak heran apabila banyak pecinta burung kicauan yang berminat untuk memelihara burung derkuku tersebut. Cara perawatannya juga cukup mudah karena jenis pakan yang disukainya bisa anda dapatkan di lingkungan sekitar atau toko pakan burung terdekat.

Burung derkuku selain sebagai burung anggungan juga dapat dimanfaatkan untuk dikembangbiakkan. Mengingat bahwa produktifitas dari burung ini sangat tinggi. Akan tetapi, ketika memasuki musim penghujan, maka produktifitas burung derkuku akan menurun dan membutuhkan perawatan yang khusus agar derkuku dapat bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan.

Ketika memelihara burung derkuku anda harus memperhatikan juga kebersihan kandang dan perawatan lainnya seperti memandikan, menjemur dan cara memegang yang benar. Tidak jarang beberapa orang ada yang kesulitan dengan cara memegang burung derkuku, bahkan ada yang dapat melukai atau membuat sayap dan bulu derkuku patah. Maka dari itu, anda harus mengetahui bagaimana Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar. Sehingga nantinya tidak akan menyakiti burung tersebut dan membuat bulunya rusak.

Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar

1. Menangkap Dari Badan Atas

Dalam memegang burung derkuku haruslah hati-hati, ini bertujuan agar burung tidak sakit, bulu rusak dan rontok atau bahkan terlepas. Cara memegangnya adalah dengan menangkapnya dari badan atas, dua jari menjepit lehernya dengan lembut dan tidak kaku disarankan untuk memegang derkuku dengan perasaan.

2. Tekan Tangan Saat Burung Derkuku Meronta

Kemudian kaki burung derkuku haruslah aman agar tidak terkilir. Apabila burung meronta, maka anda perlu menekan tangan agar burung terdiam, namun pengangan tersebut agak diperlunak dan tangan diayun-ayunkan agar burung tidak gerak.

3. Pegang Kepala Derkuku Agar Tegak

Anda perlu meneliti ekor dan kakinya dengan cermat agar tidak rusak. Hindari menekuk leher burung derkuku dan disarankan untuk memegang kepalanya agak tegak dan jangan menukik atau bengkok. Ini dapat mencederai derkuku tersebut.

Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar Saat Mandi

Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar ketika anda hendak memandikannya juga berbeda dengan cara memegang burung derkuku biasanya. Dengan cara sebagai berikut :

1. Menjepit Kedua Kaki Derkuku

Untuk menghindari supaya burung derkuku tidak berontak ketika anda mulai akan memandikannya, maka anda perlu mencepit kedua kaki burung derkuku diantara jari manis dan jari kelingking.

2. Menahan Leher

Kemudian jari telunjuk dan ibu jari menahan leher, sementara jari tengah anda menahan bagian dada.

Sebelum anda mencelupkannya ke dalam air, disarankan untuk membasahi bulu derkuku terlebih dahulu, kemudian derkuku dimasukkan secara perlahan di dalam air yang telah anda siapkan. Gunakan ember yang agar luas tapi cekung agar memudahkan anda dalam memandikannya.

Cara memegang burung derkuku ketika memandikan dan memegangnya untuk sekedar diperiksa, hampir sedikit mirip yang membedakan hanya pada menjempit kedua kaki. Penjepitan kedua kaki diantara jari kelingking dan jari manis hanya dilakukan ketika anda hendak memandikannya saja. Sementara ketika memegang sekedar memeriksa anda tidak perlu menjepit kaki burung tersebut.

Nah demikian Cara Memegang Burung Derkuku Yang Benar yang bisa anda coba di rumah ketika hendak memandikan atau sekedar memeriksanya. Semoga dapat membantu dan anda tidak kesulitan lagi dalam memegangnya. Sehingga burung tidak cidera.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.