Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan

Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan

Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan

Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan – Burung derkuku merupakan salah satu jenis burung merpati yang pada umumnya sering berkeliaran dikawasan ladang, hutan terbuka, serta area persawahan. Jenis burung yang satu ini memiliki ekor panjang dengan suara yang dikenal cukup menarik. Bagi para pecinta burung jenis burung dekukur yang satu ini sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, bagi mereka yang masih awam cukup kesulitan untuk membedakan antara burung derkuku betina dan jantan. Sebenarnya burung derkuku hampir sama seperti burung merpati pada umumnya.

Namun, terdapat perbedaan yang dapat dilihat dari ekornya. Seperti penjelasan di atas, bahwa burung derkuku lebih memiliki ekor berukuran sedikit lebih anjang. Untuk lebih jelas ada baiknya jika kita mengetahui Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan. Untuk mengetahui perbedaan dari derkuku betina dan juga jantan dapat anda lihat dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Ukuran badan dari burung derkuku

Ciri yang dapat kita lihat secara langsung adalah pada bagian ukuran tubuhnya. Ketika masih kecil akan lebih mudah dalam membedakan derkuku jantan dan betina. Jika derkuku jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar apabila dibandingkan dengan derkuku betina. Sehingga ketika dipegang, maka derkuku jantan akan lebih berat jika dibandingkan dengan derkuku betinanya.

2. Memperhatikan bagian sayap

Cara yang kedua adalah dengan melihat ciri-ciri yang menonjol pada bagian sayapnya. Ketika derkuku berusia masih kecil, burung yang betina lebih memiliki banyak bulu daripada derkuku jantan. Hal tersebut juga dapat dilihat ketika derkuku beranjak dewasa. Jumlah bulu pada sayap akan terlihat lebih banyak dan lebat pada derkuku betina. Meskipun begitu, sebenarnya sayap derkuku jantan memiliki warna yang lebih terang serta cerah. Sementara derkuku betina lebih gelap.

3. Bagian dada

Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan selanjutnya adalah dengan melihat bagian dada. Dimana pada bagian dada derkuku jantan memiliki ukuran lebih lebar apabila dibandingkan dengan derkuku betina. Hal ini sudah jelas terlihat dari ukuran derkuku jantan yang lebih besar.

4. Bulu pada bagian kepala

Selanjutnya kita dapat mengetahui perbedaan dengan memperhatikan bulu yang ada pada bagian kepala derkuku jantan dan betina. Tidak hanya pada bagian sayap saja yang memiliki bulu lebih terang melainkan pada bagian kepala burung derkuku juga demikian. Selain hal tersebut pada bagian kepala derkuku jantan sekidit terdapat benjolan, dimana benjolan tersebut sangat jelas jika diraba. Sementara kepala derkuku betina tampak lebih bulat mulus tanpa adanya benjolan.

5. Bulu pada bagian leher

Hal lain yang perlu kita ketahui untuk membedakan derkuku jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bulu di bagian lehernya. Derkuku jantan lebih memiliki ukuran leher yang besar dengan bulunya bermotif bintik-bintik atau biasa disebut sebagai manik pada leher dengan warna cerah dan terang. Sementara derkuku betina hanya memiliki bulu dan corak yang lebih sedikit. Bahkan ukuran lehernya juga jauh lebih kecil dengan warna bulu yang sedikit pucat dibandingkan derkuku jantan.

Sebenarnya untuk mengetahui perbedaan derkuku jantan dan betina tidak hanya dapat dilihat melalui beberapa poin di atas. Anda juga dapat mengetahuinya dengan melihat pada bagian leher, kaki, supit udang, hingga pada bagian sayap derkuku. Selain itu, anda juga dapat melihat pada bagian ukuran tubuh, kepala, dan mata. Itulah beberapa penjelasan mengenai Cara Membedakan Derkuku Betina Dan Jantan yang perlu anda ketahui, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.