Liputan Liga Derkuku Jakarta ( LDJ ) putaran IV Minggu 19 Juli 2020

oleh -58 views
New AGS Bird Farm

 

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Lomba Liga Derkuku Jakarta ( LDJ ) Putaran IV, Minggu 19 Juli 2020 berjalan dengan lancar. Dari 84 gantangan yang disediakan panitia, hanya menyisakan 5 gantangan kosong, itupun karena ada keperluan yang mendadak. Lomba kali ini selain lomba derkuku, juga dibarengi dengan sale atau penjualan derkuku murah, atau disebut Basar Derkuku Murah diperuntuhkan untuk para pemula yang berkeinginan lomba atau ternak tetapi terkendala oleh harga burung derkuku yang mahal. Dari 31 ekor derkuku yang di sale, menyisahkan 2 ekor, itupun karena pihak peternak memasang harga derkuku yang relative tidak terjangkau oleh saku pemula. Pihak-pihak peternak yang berpartisipasi dalam bazar derkuku ini diantaranya Nyunggi Wakul BF, DK Bird Farm, Roma Bird Farm, RIL atau TKD Bird Farm, MSK Bird Farm, Tova Bird Farm, Gema Alam Bird Farm, FES Bird Farm, HWD Bird Farm dan LBHS Bird Farm. Hasil penjualan dari bazar tersebut 10% wajib disetorkan ke Panitia untuk Kas Pengda DKI.

 

Jalannya Lomba :

  1. Kelas Senior

Dikelas senior ini diwarnai kejutan, adalah burung Kian Santang ring HWD 082 membuat lecutan, yaitu menumbangkan beberapa burung yang sudah sering bertengger dipuncak kelas senior. Dari babak 4,  tiga diantaranya menyabet bendera koncer 5 warna, dan satu bendera koncer 4 warna yang diperoleh dalam babak pertama. Disusul burung dengan nama Hello milik Slamet Santoso yang juga debutan baru dikelas senior mendapatkan nilai rangking kedua, setelah dari empat babak, dua diantaranya mendapatkan bendera lima warna, dan dua bendera koncer empat warna. Peringkat ketiga dan keempat diisi oleh Issabela burung milik Sugiarto dari Karawang dan Den Bei menyusul ke peringkat empat. Dua nama terakhir tersebut acapkali mengisi deretan terdepan setiap gelaran lomba, hanya kali ini kurang greget performanya.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang
  1. Kelas Yunior

Dikelas yunior ini Hanoman burung dari Alfred ring bergelang NW 159 menduduki peringkat pertama, dengan perolehan bendera empat warna dalam empat babaknya, disusul Katineung B2W 2307 burung milik Toro Bekasi yang menduduki peringkat ke 2 klasemen dikelas yunior, disusul Rossi burung milik H. Widodo menduduki peringkat ketiga dikelas Yunior.

  1. Kelas Pemula

Pada kelas pemula ini ada debutan baru yang bernama Bayu Anggara burung milik Solikhudin yang menduduki peringkat pertama ring bergelang Tarik 058 melenggang tanpa perlawanan dan disusul oleh Indomas ring NW 133 milik Moko Gunung Putri yang mendampingi diperingkat ketiga, dan tempat ke empat diisi Wonorosito ring NW 150 yang cukup apik kinerjanya.

Alhamdulillah lomba kali ini terbilang sukses, sukses penyelenggaraan, sukses peserta yang ikut, serta sukses merekrut para pemain muka baru yang ikut menggantang burungnya di Liga Derkuku Jakarta Putaran IV minggu 19 Juli 2020. Selain itu ada bursa Sale Derkuku Murah yang mungkin sebagai factor yang mendudukung para pemula hadir; demikian dijelaskan Cak Hari Imawan disela-sela lomba.

Akhirnya panitia berterima kasih kepada semua pihak yg ikut berpartisipasi dalam gelaran ini, serta mohon maaf apabila ada kekurangan selama penyelenggaraan.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor