Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar

oleh -282 views
Perawatan Burung Derkuku Saat Musim Hujan
New AGS Bird Farm

Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar

Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar
Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar

Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar – Kebersihan kandang burung derkuku merupakan faktor utama dalam hal kesehatan, baik kesehatan burung derkuku itu sendiri ataupun kesehatan manusia yang memelihara burung derkuku. Pasalnya, kotoran burung derkuku yang menumpuk dan jarang dibersihkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita sebagai pemilik burung derkuku harus rajin membersihkan kandang burung yang kotor, agar tidak bau, berkarat, dan jamuran.

Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar

1. Cara Membersihkan Kandang dari Kotoran Burung Derkuku

Kotoran burung derkuku yang cukup lama tidak dibersihkan biasanya akan mengering dan membantu. Tentu ini akan sulit dibersihkan kalau cuma diguyur dengan air. Untuk itu kita harus menyikat kotoran tersebut dengan sikat gigi bekas atau sikat kecil lainnya.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor

Setelah disikat, kita dapat membilasnya dengan air. Walau sangkar burung derkuku sudah terlihat bersih, tapi kita harus tetap membersihkannya lagi menggunakan sabun cuci piring. Dengan sabun tersebut, bakteri, kuman, virus, dan penyakit yang hinggap di bekas kotoran akan hilang sempurna.

Jangan lupa, bersihkan bagian tangkringan atau tenggeran burung derkuku karena kaki burung derkuku yang kotoran biasanya menempel di tangkringan. Hal ini membuat bakteri dan kuman juga ikut menempel pada tangkringan. Kalau tangkringan tidak dibersihkan maka kaki burung derkuku juga akan terkena penyakit.

Jika ingin lebih praktis membersihkan sangkar burung derkuku, maka sebaiknya bagian alas sangkar diberi koran atau karpet. Dengan begitu, kita cukup mengeluarkan koran atau karpet yang sudah terkena kotoran dan menggantinya dengan yang baru.

2. Cara Menghilangkan Bau di Kandang Burung Derkuku Dengan Air Jeruk

Kandang burung derkuku yang lama tidak dibersihkan akan meninggalkan bau tak sedap atau menyengat. Solusinya, kandang burung derkuku harus dibersihkan dengan cara alami agar bau menyengat pada kandang burung derkuku hilang.

Cara alami yang bisa dipakai untuk membersihkan kandang burung derkuku yakni menggunakan air jeruk. Air jeruk dinilai ampuh dalam membasmi kuman penyakit dan membuat sangkar terasa seperti baru.

Tips menghilangkan bau pada kandang burung derkuku sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 buah jeruk nipis, kemudian iris menjadi beberapa potongan.
  2. Setelah itu, peras jeruk dan ambil airnya untuk dicampur ke dalam gelas yang sudah berisi air hangat.
  3. Setelah tercampur, masukkan 2 sendok teh baking ke dalam gelas tadi.
  4. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kalau sudah tercampur, tuangkan air jeruk ke dalam semprotan.
  5. Lalu, semprotkan ramuan air tadi pada bekas kotoran yang menempel di kandang, seperti di alas kandang, tangkringan, tempat pakan minum, dan jeruji.

Setelah selesai tunggu sebentar, agar ramuan tadi bekerja. Terakhir, bilas kandang dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari, sebentar saja.

3. Cara Membersihkan Tempat Pakan dan Minum Burung Derkuku

Wadah pakan dan minum burung derkuku biasanya berjamur karena kecipratan air dan campuran kotoran burung derkuku. Cara membersihkannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan spon dan sabun cuci piring.

Kalau sudah dibersihkan dengan spon dan sabun cuci piring, silakan dibilas dengan air panas atau air hangat. Setelah bersih, keringkan tempat pakan dan minum di bawah sinar matahari. Namun, durasinya jangan terlalu lama, cukup sebentar saja.

Demikian Cara Membersihkan Kandang Burung Derkuku Yang Benar, semoga burung derkuku kesayangan kita semua dalam keadaan sehat. Terimakasih

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri