Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu

Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu

Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu

Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu
Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu

Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap hewan yang mempunyai bulu pasti ada kutunya, tidak hanya hewan manusia pun bisa terkena kutu dirambutnya. Nah dibawah ini akan menjelaskan bagaimana Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu. 

Pengobatan Yang Harus di Lakukan Apabila Burung Derkuku Terkena Kutu :

Sebelum melakukan pengobatan, pastikan burung derkuku dalam kondisi sehat secara umum. Jangan melakukan pengobatan anti-kutu ketika burung derkuku sedang sakit pilek karena pada saat itu daya tahan burung derkuku sedang lemah. Dalam kondisi ini, kalau burung derkuku diterpa obat anti kutu burung derkuku akan mudah ngedrop karena obat tersebut minimal mengandung insektisida jenis tertentu yang bisa “memabukkan” burung derkuku.

Memilih obat

Obat kutu ada dua. Kimiawi dan non-kimiawi.

a. Kimiawi adalah obat-obatan yang dijual secara umum dengan nama/merek yang berbeda-beda. Bentuknya juga macam-macam. Ada yang cair, serbuk juga pasta.

b. Obat yang non-kimiawi ada bermacam-macam, antara lain air rebusan daun sirih, air bekas cucian beras, air rebusan buah jambe (jarang dan sulit ditemukan) dll.

Penggunaan

1. Untuk penggunaan obat kimiawi

Apabila menggunakan obat kimiawi baca aturan pakai yang tertera dalam kemasan dan ikuti secara disiplin. Jangan bereksperimen untuk menambah atau mengurangi dosis yang ditentukan.

Perhatian: Untuk obat kimiawi, gunakan sebagaimana peruntukannya. Jangan gunakan obat kutu untuk anjing misalnya pada burung derkuku. Antikutu untuk hewan besar sangat beda konsentrasi zat beracunnya dibanding untuk burung derkuku. Kalaupun mengurangi dosisnya dengan cara kira-kira, maka akan berisiko tetap kebanyakan (bisa menyebabkan burung kelenger) atau kurang (bisa menyebabkan pengobatan tidak efektif dan juga membuat kutu resisten/kebal sehingga semakin sulit dibasmi).

2. Untuk pengobatan secara non-kimiawi:

  • Air daun sirih: rebus 7-10 helai daun sirih dengan air sebanyak 1 liter (4 gelas ukuran normal). Setelah direbus sampai air berwarna hijau gelap (1 liter) diangkat dan didinginkan air itu bisa disemprotkan ke burung derkuku secara merata dan usahakan benar-benar bisa masuk sampai ke bulub terdalam. Paling aman, burung derkuku dipegang dan dimandikan secara langsung di tangan sehingga air sirih merata membasahi bulu tanpa banyak mengenai mata burung derkuku. Setelah dimandikan air sirih, jangan dibilas dulu sampai sekitar 1-2 jam.
  • Untuk air bekas cucian beras, gunakan sama dengan cara untuk air rebusan daun sirih. Sebenarnya, air cucian beras tidak bersifat racun tetapi bisa menembus lapisan lilin pada bulu burung derkuku. Artinya, dia hanya bersifat “merontokkan” /melepaskan “pegangan” telor dan kutu pada bulu burung derkuku. Dengan demikian, penggunaan air cucian beras harus dibarengi dengan upaya melepaskan kutu secara manual dari bulu (dengan cara ditekan dan seret bulu burung derkuku). Artinya, penggunaan air cucian beras bisa dikombinasikan dengan penggunaan air sirih sehingga pembasmian kutu benar-benar efektif.

Nah, begitulah Cara Mengobati Derkuku Yang Terkena Kutu semoga dapat bermanfaat dan burung derkuku jauh dari kutu. Terimakasih

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *