Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi

Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi

Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi

Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi
Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi

Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi – Burung derkuku memiliki siklus bulanan yang tidak bisa dihindari, yaitu mabung, ngurak, mbodol, atau moulting. Setiap jenis burung mempunyai siklus yang berbeda-beda.

Kondisi mabung pada burung derkuku terkadang membuatnya harus beristirahat total. Burung derkuku yang tadinya rajin manggung, kalau sedang mabung jadi macet bunyi. Hal tersebut sudah biasa dan tidak perlu dirisaukan. Sebab, setelah mabung derkuku selesai, dia akan gacor kembali.

Sayangnya, tidak semua jenis burung derkuku dapat kembali pulih kondisinya seperti sedia kala. Ini tergantung pada bagaimana perawatan burung derkuku itu sendiri. Jika kita dapat merawat derkuku mabung dengan baik dan benar, pastinya derkuku akan selesai mabung dengan cepat dan bisa gacor lagi.

Apa saja yang harus dilakukan saat burung derkuku sedang mabung?

Pertama ketahui dulu ciri burung derkuku mabung. Biasanya derkuku yang mabung atau akan mabung akan muncul bulu-bulu halus di sekitar ketiak. Setelah itu, bulu-bulu yang lain akan berjatuhan satu persatu.

Waktu mabung pada burung derkuku kurang lebih sekitar 20 hari. Setelah proses mabung selesai, maka bulu derkuku akan tumbuh lagi dengan normal.

Burung derkuku yang sedang mabung masih tetap manggung walaupun tidak terlalu sering. Sebab, kondisinya belum fit seperti burung derkuku pada umumnya.

Cara Merawat Derkuku Mabung

1. Berikan Minyak Ikan

Kalau derkuku sudah mulai mabung, maka segera berikan makanan derkuku berupa satu butir minyak ikan agar proses mabungnya segera selesai dan menjaga kesehatan burung derkuku.

2. Jangan Dipegang

Burung derkuku mabung terlalu sensitif. Oleh karena itu, saat derkuku mabung sebaiknya tidak perlu terlalu sering dipegang. Jika kita mau memberi pakan, maka berikan pakan langsung ke wadah pakan saja.

3. Pemberian Pakan

Kita harus memberi pakan dan minum tepat waktu, jangan sampai telat. Derkuku mabung butuh asupan nutrisi dan gizi agar kondisi tubuh segera pulih. Kalau sampai telat memberi makanan, pastinya burung derkuku akan merasa tersiksa dan kelaparan.

4. Beri Ketan Hitam dan Beras Merah

Makanan derkuku yang sedang mabung harus bergizi, seperti ketan hitam dan beras merah. Pemberian beras merah sebanyak 3-5 butir. Manfaat beras merah agar tubuh derkuku tetap hangat.

Sedangkan ketan hitam jangan terlalu banyak karena dapat membuat proses ganti bulu atau mabung semakin lama. Selain itu, derkuku jadi sering mabung.

5. Penjemuran Perkutut

Burung derkuku dijemur selama 30 menit – 1 jam. Penjemuran dapat dilakukan 3 hari sekali sampai mabung selesai.

6. Masukkan Kandang Umbaran

Derkuku butuh tempat yang leluasa bergerak saat mabung. Oleh sebab itu, masukkan burung derkuku ke kandang umbaran. Dengan begitu, burung derkuku akan lebih leluasa melepaskan bulunya dengan cara terbang-terbang di kandang umbaran.

7. Lokasi Tenang

Burung derkukut yang mabung sebaiknya letakkan di lingkungan yang tenang. Burung bisa ditaruh di ruang khusus yang tidak ramai dan tanpa gangguan. Tujuannya, agar proses mabung derkuku cepat selesai.

8. Tidak Dimandikan

Kalau sedang mabung, sebaiknya burung derkuku tidak dimandikan. Derkuku cukup dijemur saja, tapi jangan terlalu lama.

Nah begitulah Cara Merawat Derkuku Mabung Agar Gacor Lagi. Semoga bermanfaat.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *