Cara Terbaik Memilih Indukan Burung Derkuku

Cara Terbaik Memilih Indukan Burung Derkuku

Cara Terbaik Memilih Indukan Burung Derkuku

Cara Terbaik Memilih Indukan Burung Derkuku – Salah satu langkah untuk menangkarkan burung derkuku adalah memilih indukannya. Setelah kalian mendapatkan kandang untuk menernak burung derkuku, kalian harus memperoleh indukan yang unggul untuk diternakkan. Memilih indukan yang baik sangat penting dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas. Nah berikut ini adalah beberapa Cara Terbaik Memilih Indukan Burung khususnya derkuku secara tepat.

Pilihlah Jenis Burung Derkuku Terbaik

Jenis derkuku yang ada di Indonesia yaitu antara lain Kelompok Ptilinopus (katik-katikan), Kelompok Treron (punai-punaian), Kelompok Macropygia (uncal-uncalan), Kelompok Ducula (pergam-pergaman), Kelompok Goura (mabruk-mabrukan), Kelompok Columba (merpati-merpatian), Kelompok Geopelia (perkutut-perkututan), Kelompok Caloenas (junai-junaian), Kelompok Streptopelia (tekukur-tekukuran)

Untuk pemilihan jenis burung derkukunya bisa kalian sesuaikan dengan selera. Namun jika kalian ingin menghasilkan banyak keuntungan nantinya, sebaiknya pilihlah jenis burung derkuku yang paling mahal.

Pilih Burung Derkuku Dari Usianya

Bagi kalian yang ingin menernak derkuku, pilihlah yang berusia kurang lebih 1 tahun. Usahakan antara derkuku jantan dengan derkuku betina usianya lebih tua yang jantan. Hal ini supaya pejantan lebih mendominasi dalam proses perkawinan.

Dapatkan Sepasang Burung Derkuku Jantan Dan Betina

Untuk membedakan antara derkuku jantan dan betina jika dilihat pada anus atau kloaka burung derkuku jantan, lubangnya monyong sedangkan betina lubangnya berbentuk melebar. Atau kalian bisa bertanya kepada penjual indukan tentang hal ini agar lebih jelas.

Cara Terbaik Memilih Indukan Burung Derkuku

Pilihlah Burung Derkuku Yang Sehat

Kalian harus memperhatikan bagian tubuh burung terutama pada matanya. derkuku yang benar-benar sehat tidak mempunyai gangguan pada matanya, misalnya snot atau penyakit yang lainnya. Kemudian perhatikan kakinya, pastikan kakinya dalam keadaan sehat dan tidak lumpuh. Kaki burung juga harus kuat agar dapat mencengkram dengan erat.

Serta perhatikan juga kondisi tubuhnya, burung yang sakit biasanya memiliki tanda – tanda seperti tubuhnya gemetaran, kepala botak, nafasnya tersengal – sengal, jarang aktif bergerak, dan dadanya terlihat membusung.

Pilih Burung Derkuku Yang Gesit

Burung yang sehat pastinya memiliki refleks yan baik dan gesit ketika bergerak. Jika kalian mencari indukan yang bagus, perhatikanlah gerakan burung kalian inginkan.

Pilihlah Burung Derkuku Yang Gemar Berkicau

Apabila indukannya gemar berkicau, kemungkinan besar anakannya juga akan gemar berkicau juga. Pandai berkicau merupakan salah satu daya tarik burung untuk dipelihara sebagai penyeri kediaman, selain bentuk dan juga warnanya yang cantik. Hal yang perlu kalian ingat adalah indukan derkuku yang berkualitas akan sangat menentukan kualitas anakan yang dihasilkannya.

Nah, itu saja ulasan tentang Cara Terbaik Memilih Indukan Burung khususnya burung derkuku yang bisa di ikuti. Selamat mencoba.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.