Mengenal Delimukan Zamrud Sebagai Kerabat Derkuku

oleh -41 views
New AGS Bird Farm

Mengenal Delimukan Zamrud Sebagai Kerabat Derkuku –  Mungkin beberapa orang belum mengetahui tentang Delimukan Zamrud, maka dengan itu kita akan membahas tentang Mengenal Delimukan Zamrud Sebagai Kerabat Derkuku.

Delimukan Zamrud termasuk jenis merpati yang berukuran sedang (23-27 cm). Paruhnya berwarna merah jingga terang. Iris matanya berwarna coklat gelap. Jantan mempunyai mahkota abu-abu, dahi putih. Sedang betina tidak mempunyai mahkota abu-abu.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Pada bagian tengkuk, leher dan dada berwarna coklat muda atau merah jambu gelap. Sedangkan bagian perut berwarna kehijauan. Sayap dan punggung Delimukan Zamrud berwarna hijau mengkilap. Saat terbang, bulu sayap bagian dalam yang berwarna kecoklatan akan terlihat dengan jelas.

Delimukan Zamrud jantan memiliki garis tebal putih di ujung bahu sayap. Sedangkan pada betina tidak ditemukan. Saat terbang akan terlihat dua buah garis putih dan hitam pada bagian punggung. Sisi tubuh bagian bawah jingga kemerahan. Ekor pendek kehitaman. Kaki merah.

Berikut ini akan ada pejelasan tentang habitat, sebaran, kebiasaan, makanan, status konservasi dari Delimukan Zamrud.

Habitat Delimukan Zamrud

Delimukan Zamrud dapat ditemukan di hutan tropis dengan begitu Delimukan Zamrud sering di juluki dengan penghuni hutan tropis, termasuk hutan sekunder yang lebat, kawasan pertanian hingga area mangrove di pesisir.

Sebaran Delimukan Zamrud

Delimukan Zamrud tersebar luas di kawasan Asia mulai dari India hingga Papua.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

Kebiasaan Delimukan Zamrud

Delimukan Zamrud dapat kita temukan saat sedang sendirian, berpasangan atau dalam kelompok kecil. Jenis golongan Merpati ini sering terlihat berjalan-jalan di atas tanah untuk mencari biji-bijian dan buah-buahan yang jatuh. Terbang rendah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makan.

Relatif mudah didekati untuk difoto di habitatnya. Namun, saat terganggu, burung ini akan berlari cepat dan bersembunyi di balik rumput atau vegetasi semak yang lebat.

Delimukan Zamrud diketahui berbiak sepanjang tahun. Sarang terbuat dari sedikit ranting kasar yang ditempatkan di cabang pohon dengan ketinggian hingga 5 meter. Tiap sarang biasaya berisi dua butir telur berwarna krem.

Makanan Delimukan Zamrud

Makanan Delimukan Zamrud adalah biji-bijian dan buah yang jatuh di dasar hutan. Kadang-kadang burung ini memakan rayap sebagai sumber asupan protein.

Status Konservasi Delimukan Zamrud

Delimukan Zamrud umum ditemukan dan tersebar luas sehingga tidak termasuk dalam daftar jenis burung yang dilindungi. Oleh IUCN, burung ini dikategorikan beresiko rendah untuk punah dalam waktu dekat. Tidak tercantum dalam daftar Appendix CITES.

Demikianlah pembahasan kita tentang Mengenal Delimukan Zamrud Sebagai Kerabat Derkuku semoga dapat bermanfaat dan dapat memperluas wawasan kita semua. Terimakasih

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor