Cara Menjinakkan Burung Derkuku Liar

oleh -7 views
Suasana Lomba LDJ Putaran 3
Suasana Lomba LDJ Putaran 3
New AGS Bird Farm

Cara Menjinakkan Burung Derkuku Liar

Cara Menjinakkan Burung Derkuku Liar – Burung derkuku/tekukur merupakan salah satu burung yang memiliki kaitan erat dengan mitos dan hal-hal mistis seperti burung perkutut. Banyak yang mempercayai jika burung derkuku dengan ciri tertentu bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Para penggemar burung derkuku umumnya akan lebih memilih memelihara burung derkuku tangkapan hutan sebab harganya lebih murah. Namun yang menjadi masalah disini ialah burung derkuku tangkapan hutan biasanya masih sangat liar dan takut dengan keberadaan manusia. Sehingga derkuku tidak mau bunyi jika ada orang disekitarnya dan langsung kelabakan. Jika ingin tahu bagaimana cara menjinakkan burung derkuku liar? Simak ulasan dibawah ini

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Cara Menjinakkan Burung Derkuku Liar

Supaya burung derkuku liar rajin manggung walaupun ada orang disekitarnya, maka burung harus dijinakkan. Berikut ini ada beberapa cara menjinakkan burung derkuku liar/tangkapan dari hutan agar cepat bunyi:

  1. Rutin memandikan burung

Untuk memandikannya berbeda dengan cara memandikan burung ocehan. Cara memandikannya cukup disemprot dengan semprotan yang paling halus yaitu menggunakan sprayer atau bisa dengan cara dipegang dengan tangan kemudian dicelupkan ke dalam air secara perlahan.

  1. Gunakan Air Bekas Cucian Beras

Air yang digunakan untuk memandikan burung derkuku sebaiknya menggunakan air cucian beras/air leri yang dicampur dengan air rebusan/tumbukan daun sirih. Karena air leri dan air rebusan daun sirih di percaya dapat menghilangkan kutu yang ada pada bulu-bulu burung derkuku serta dapat membuat warna bulunya menjadi lebih mengkilap.

  1. Gunakan Shampo Khusus

Jika kalian tidak ingin repot membuatnya mengkilap, kalian dapat menggunakan shampo khusus burung untuk mengilangkan kutu dan membuat bulu-bulunya lebih mengkilap. Selain itu juga dengan menggunakan shampo bulu-bulu burung lebih mudah basah dari pada menggunakan air saja yang biasanya bulu – bilunya sulit basah (kalis). Anda dapat membelinya di toko-toko atau di online shop.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang
  1. Memandikannya Sampai Basah Kuyub

Mandikan burung derkuku sampai basah kuyup, sebab saat kondisi basah kuyup biasanya burung derkuku akan menjadi lebih anteng. Nah saat itulah kalian bisa berinteraksi dengan burung dengan cara mengelus – elus bagian kepada dan tubuhnya dengan lembut supaya burung derkuku merasa nyaman. Dengan perlakukan itu, lama-kelamaan burung derkuku akan terbiasa dan tidak akan takut lagi kepada kalian.

  1. Selalu di Lus-lus (Dibelai)

Biarkan burung derkuku digantang supaya terkena angin terlebih dahulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Bila sudah kering, baru bisa kalian jemur selama 2 sampai 3 jam dan lakukan secara rutin setiap hari supaya burung derkuku selalu sehat dan aktif serta rajin manggung.

Tips Membuat Burung Derkuku Suka Manggung

Untuk membut burung derkuku liar suka manggung, kalian harus memberinya perawatan yang baik di setiap harinya. Namun yang dipelihara harus yang berjenis kelamin jantan sebab suara jantan lebih bagus dari burung betina dan lebih rajin manggung.

  1. Memberi Pakan Biji-bijian yang Berkualitas

Seperti jagung, beras merah, ketan hitam, gabah, milet, dan lainnya atau bisa menggunakan pakan kemasan yang banyak dijual di kios-kios pakan burung. Komposisi pada pakan kemasan juga sudah cukup lengkap dengan kandungan protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan derkuku.

  1. Membuat Suasana Kandang yang Ramah

Dan yang tidak kalah penting, buat suasana disekitar kandang burung derkuku ramah dan nyaman. Jangan sampai burung merasa terancam dengan keberadaan prador antara lain seperti kucing, tikus, ular dan lainnya. Apabila kondisi lingkungan sekitarnya tidak kondunsif, maka akan memiliki pengaruh buruk pada kondisi fisik dan juga psikisnya burung sehingga berdampak pada kegacoran serta kualitas suaranya.

  1. Kenali Usia Burung Derkuku

Selain faktor perawatan dan lingkungan, faktor usia juga mempengaruhi kegacoran dan kualitas suara anggungannya, karena semakin tua usianya maka akan semakin bagus suara manggunggnya serta juga menjadi semakin gacor.

Itulah Cara Menjinakkan Burung Derkuku Liar, semoga dapat bermanfaat dan Terimakasih.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor