Cara Memandikan Derkuku Atau Tekukur

oleh -163 views
New AGS Bird Farm

Cara Memandikan Derkuku Atau Tekukur – Seperti halnya burung kicauan lain, burung derkuku yang juga termasuk dalam jenis burung kicauan juga membutuhkan perawatan khusus agar suara bunyinya tetap apik. Selain untuk selalu menjaga suara burung agar tetap gacor, perawatan juga dibutuhkan untuk membuat bulunya tetap bersih dan sehat. Anda dapat melakukan perawatan seperti sering menjemurnya, memberinya pakan yang bergizi, menempatkannya pada lingkungan yang kondusif, selalu menjaga kebersihan kandang, serta rajin memandikannya.

Pemberian pakan yang bergizi bertujuan agar burung derkuku lebih gacor dan tetap sehat, lingkungan kondusif dibutuhkan agar burung derkuku tidak mudah stress sehingga tidak mengganggu mentalnya. Kemudian memandikan derkuku bertujuan untuk selalu menjaga kebersihan bulu dari kutu. Lebih jelasnya berikut ini ulasan mengenai Cara Memandikan Burung Derkuku Atau Tekukur.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Manfaat Memandikan Burung Derkuku

Selain membersihkan kandang burung derkuku harus dilakukan, begitu juga dengan memandikan burung derkuku. Memandikan burung derkuku dapat anda lakukan untuk menjaga kebersihan bulu dan kesehatannya. Manfaat memandikan burung derkuku lainnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Karena biasanya pada bulu burung derkuku tidak jarang terdapat kutu dan serangga yang hidup serta berkembangbiak pada bulu.

Sehingga perlu dilakukan pembersihan dengan rutin memandikan burung derkuku agar dapat berkurang dan dapat menjadikan burung derkuku untuk rajin berbunyi. Hal tersebut dikarenakan burung derkuku tidak sibuk dalam mencari kutu yang menempel di badannya. Tidak hanya itu dengan sering memandikan burung derkuku, maka akan membuat bulu derkuku lebih mengkilap dan dapat menghindarkan dari penyakit pilar bulu.

Cara Memandikan Burung Derkuku Baru di Tangkap

Untuk burung derkuku yang masih baru tangkapan langsung dari alam bebas, sebelum memasukkannya ke dalam sangkar ada baiknya jika dimandikan terlebih dahulu karna biasanya burung yang dari alam bebas terdapat kotoran pada bulunya dan jangan lupa diberikan tambahan vitamin untuk burung derkuku. Anda bisa mendapatkan vitamin burung di toko atau kios pakan burung terdekat. Untuk Cara Memandikan Burung Derkuku Atau Tekukur anda dapat memakai air leri bekas cucian air beras.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

Kapasitas Memandikan Burung Derkuku

Anda dapat memandikannya paling sedikit seminggu sekali dengan memakai air leri atau air cucian beras yang dicampur dengan berbagai macam jenis bunga dan daun-daunan. Bunga-bunga tersebut seperti bunga mawar merah, mawar putih, daun kelor, melati, dan daun pandan yang diremas-remas. Selanjutnya anda dapat mencampurnya kedalam air leri yang masih kental dan berwarna putih pekat.

Fungsi dari bunga dan daun-daun tersebut yaitu sebagai pembasmi kutu dan serangga yang paling ampuh yang menempel pada badan burung derkuku atau perkutut. Gunakan wadah ember yang sedikit lebih lebar agar anda dapat lebih leluasa dalam memandikan burung tersebut. Ini juga bertujuan agar tidak merusak bulu dari burung derkuku atau perkutut.

Tips Memilih Derkuku Ombyokan
Tips Memilih Derkuku Ombyokan

Tahap-Tahap Memandikan Burung Derkuku

Mandikan burung dengan hati-hati dan lembut. Untuk menghindari agar derkuku tidak berontak ketika dimandikan anda dapat menjepit kedua kaki derkuku diantara jari manis dan jari kelingking. Sementara jari telunjuk dan ibu jari menahan leber serta jari tengah befungsi untuk menahan dada derkuku. Namun, perlu di ingat bahwa sebelum memandikan burung derkuku dengan cara basahi badan derkuku terlebih dahulu secara perlahan dan dengan sedikit air. Selanjutnya burung derkuku dimasukkan secara pelan-pelan ke dalam ember berisi air cucian beras dan campuran bunga serta daun.

Memandikannya dengan membersihkan semua bulu secara perlahan, mulai dari membentangkan sayap secara bergantian dari kanan ke kiri di dalam air cucian beras. Setelah semua bulu dirasa cukup bersih, kemudian burung derkuku diangkat dari dalam air leri dan disuapi dengan vitamin sebelum di masukkan kembali ke dalam sangkar. Dalam menempatkan sangkar yang berisi burung derkuku yang masih basah kuyup, sebaiknya letakkan dan gantung ditempat yang teduh terlebih dahulu. Burung derkuku dibiarkan terkena angin agar air yang menetes sedikit kering kemudian langsung jemur secara langsung di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Mandikan burung derkuku pada pagi hari, tetapi jika pada musim hujan lebih baik burung tidak dimandikan terlebih dahulu. Selain memandikan burung derkuku jangan lupa membersihkan kandangnya pula, karna kandang yang kotor bisa mendatangkan virus dan akhirnya membuat burung derkuku sakit.

Tidak sulit untuk memandikan burung derkuku dan membersihkan kandangnya, hanya butuh ketelatenan dan jangan malas.

Nah, itulah Cara Memandikan Burung Derkuku Atau Tekukur yang dapat anda lakukan. Semoga dapat membantu dan bisa dijadikan sebagai patokan dalam memandikan burung derkuku atau perkutut.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor