Cara Merawat Derkuku Harian

oleh -21 views
Perawatan Burung Derkuku Saat Musim Hujan
New AGS Bird Farm

Cara Merawat Derkuku Harian

Cara Merawat Burung Derkuku Harian – Seperti halnya manusia, hewan peliharaan juga membutuhkan perawatan pada setiap harinya. Ini berlaku untuk semua jenis hewan peliharaan termasuk burung derkuku. Dalam memelihara burung derkuku dapat dikatakan gampang-gampang susah. Dikatakan demikian karena dalam perawatan hariannya tidak membutuhan perhatian khusus dan hanya perawatan biasa dengan memberi pakan dan perhatian. Namun, meskipun begitu kita juga harus merawat burung derkuku dengan perhatian dan meluangkan waktu dalam setiap harinya. Berikut di bawah ini kita dapat melihat Cara Merawat Derkuku Harian.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri
  1. Pembersihan Sangkar Dan Perlengkapannya

Sangkar yang menjadi tempat burung derkuku dalam menjalani hidupnya haruslah memenuhi kebutuhan rasa aman serta nyaman untuk bernaung. Sebaiknya ukuran sangkar derkuku tidak terlalu kecil. Ini bertujuan agar bulu burung pada ekor dan sayapnya tidak rusak. Akan tetapi apabila burung derkuku anda masih baru dan berasal langsung dari tangkapan alam, ini akan lebih sesuai dimasukkan dalam sangkar yang berukuran kecil dan secukupnya saja. Hal tersebut dimaksudkan agar derkuku yang masih liar dapat segera menjadi jinak dan dapat dilatih.

Mengenai bentuk dan bahan sangkar yang digunakan untuk memelihara burung derkuku ada bermacam-macam. Terdapat bentuk yang masih sederhana dan bahan yang telah modern. Biasanya sangkar yang terbuat dari bambu atau dinamakan sebagai sangkar sosokan yang dibelah dan dianyam merupakan bentuk sangkar yang banyak digunakan dan menjadi salah satu sangkar sederhana.

Cara Merawat Derkuku Harian

Perawatan Burung Derkuku Saat Musim Hujan

  1. Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Sementara pakan burung derkuku yang utama adalah biji-bijian. Jika berada di alam bebas derkuku akan mencari makanan secara langsung di tanah-tanah tegalan atau persawahan yang telah selesai di panen. Jenis biji-bijian tersebut adalah jagung, kacang hijau, gabah.

Biasanya burung derkuku yang berasal langsung dari tangkapan alam atau yang dipelihara sederhana hanya diberi makan satu jenis biji-bijian saja. Sehingga dapat dikatakan sebagai vitamin dan mineral kebutuhan dari derkuku kurang tercukupi. Maka dari itu, apabila burung derkuku yang anda pelihara dapat tetap sehat dan rajin manggung anda harus memberikan pakan olahan. Dimana pakan olahan ini dapat berupa beras merah, ketan hitam, biji kenari, kacang hijau, jewawut, milet serta godem.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang
  1. Memandikan Derkuku

Selain memperhatikan pakan dan kondisi sangkar derkuku dalam melakukan Cara Merawat Derkuku Harian adalah dengan memandikan derkuku tersebut. dengan memandikan derkuku akan memberikan manfaat utama yakni mampu menjaga kesehatan dan kebersihan derkuku pada kulit serta bulunya. Hal ini biasanya kutu dan serangga yang hidup pada bulu derkuku akan berkurang jika anda sering memandikannya. Selain itu, burung deruku juga akan rajin manggung.

Dalam perawatan hariannya paling sedikit seminggu sekali anda dapat memandikan derkuku dengan air leri atau air cucian beras. Air tersebut dapat anda campur dengan daun-daunan dan bunga melati serta mawar merah, mawar putih yang diremas-remas.

  1. Penggantangan

Gantangan dapat dikatakan sebagai tiang yang memiliki ketinggian tertentu yang berfungsi untuk menggantung sangkar derkuku. Pada puncak gantangan tersebut terdapat dua buah kerekan yang dihubungkan dengan tali ke bawah. Gantangan inilah nantinya yang berfungsi untuk melatih burung derkuku agar berani dan rajin berbunyi di tempat ketinggian. Anda dapat mulai meletakkan sangkar pada gantangan diwaktu matahari terbit dan diturunkan kembali sebelum matahari terbenam. Tempatkan di lokasi yang teduh dan tidak terlalu ramai.

Itulah beberapa Cara Merawat Derkuku Harian yang dapat anda lakukan dan dijadikan sebagai pedoman dalam merawat hewan derkuku peliharaan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk semua.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor