Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi

oleh -64 views
New AGS Bird Farm

Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi

Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi – Pada umumnya semua jenis burung yang ada di alam memiliki kemampuan berkicau secara alamiah. Bahkan akan semakin berkembang seiring pertumbuhan umurnya. Akan tetapi, terdapat beberapa kasus yang menyebabkan burung belum mau menunjukkan kualitas kicauannya walaupun umur dari burung tersebut telah dewasa. Hal ini juga dapat dialami oleh jenis burung derkuku. Dimana pada dasarnya burung jenis ini dikenal baik dari kicauan atau manggungnya. Atau terdapat kasus lainnya yakni ada beberapa burung yang biasanya gacor menjadi macet untuk berbunyi. Faktor yang mempengaruhi kemacetan bunyi pada burung termasuk burung derkuku dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan kondisi burung itu sendiri yang tidak selamanya stabil.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi

Burung derkuku atau burung jenis apapun yang macet bunyi dapat disebabkan karena masalah penurunan kondisi kesehatan, kondisi mental yang terganggu ataupun adanya masalah lingkungan yang tidak mendukung. Hal tersebut harus segera diatasi agar kondisi burung dapat normal dan bisa berkicau dengan baik. Untuk itu, dibawah ini beberapa penyebab dan cara Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi.

1. Burung Tidak Sehat

Penyebab burung derkuku tidak lagi berbunyi adalah salah satunya sedang mengalami sakit yang jarang disadari oleh pemilik. Seperti halnya burung kicauan lain, burung derkuku yang sedang sakit terkadang memiliki perilaku lesu, nafsu makan berkurang, mata selalu terpejam dan lainnya. Untuk itu cara mengatasi yang dapat anda lakukan adalah dengan memberinya suplemen atau multivitamin khusus buat burung yang sedang sakit. Anda bisa mendapatkannya di kios atau toko burung. Kemudian hindarkan dari pemandian dan penjemuran lalu tempatkan burung di dalam sangkar dalam kondisi dikerodong.

2. Burung Sedang Stress

Burung yang kalah mental setelah melakukan perlombaan dapat menyebabkan stress dan mentalnya bisa bermasalah. Bahkan dapat menyebabkan burung tersebut macet berbunyi. Cara mengatasi hal ini anda dapat melakukan pemberian pakan berkualitas berupa EF yang berfariasi. Agar mental burung cepat kembali normal, terlebih dahulu anda perlu mengasingkannya dari semua jenis burung kicauan.

3. Burung Terkena Virus Pada Tenggorokan

Masalah lainnya adalah burung derkuku atau burung kicauan lainnya dapat mengalami penyakit tenggorokan yang dapat menyebabkan burung macet berbunyi. Ini dapat ditandai dengan ciri-ciri burung mengalami sesak nafas, sering minum, dan terdengar suara ngorok pada nafasnya. Cara Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi tersebut adalah dengan memberinya air minum dari rebusan daun sirih dengan takaran secukupnya. Sering-seringlah ganti air minumnya dengan air matang dan bersihkan tempat makan serta minumnya secara rutin.

4. Burung Masih Giras

Burung derkuku yang pada tahap awal berada di lingkungan yang asing atau baru, biasanya membutuhkan proses untuk beradaptasi agar dapat mengeluarkan suara kicauannya. Cara mengatasi masalah ini anda bisa melakukan pemandian rutin setiap pagi dan sore, seminggu sekali nada dapat menerapkan terapi8 mandi jam 07.00 malam hingga basah kuyup. Ketika sedang beristirahat kerobong sangkarnya dan gantung burung ditempat yang ramai agar ia dapat elbih beradaptasi.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

5. Umur Burung Masih Muda

Hal lainnya yang dapat menjadi penyebab burung derkuku macet bunyi biasanya dikarenakan umurnya belum dewasa. Namun, biasanya umur muda sekalipun burung kicauan akan dapat berbunyi meskipun pelan. Burung yang masih berumur muda masih membutuhkan proses untuk menuju ke performa yang lebih matang. Sehingga cara mengatasinya anda bisa memberinya pakan berupa Ekstra fooding atau EF, dekatkan dengan burung master yang dapat memicu burung muda untuk menirukan bunyinya.

Itulah beberapa cara untuk Mengatasi Derkuku Tidak Mau Bunyi yang dapat anda coba lakukan di rumah untuk mengatasi burung yang macet bunyi. Sehingga burung kicauan anda dapat kembali normal dan berbunyi seperti biasanya.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor