Cara Menjinakkan Burung Tekukur Dengan Mudah

oleh -61 views
New AGS Bird Farm

Cara Menjinakkan Burung Tekukur Dengan Mudah

Cara Menjinakkan Burung Tekukur Dengan Mudah – Burung tekukur mudah ditemui diberbagai pasar burung. Karena suaranya yang indah dan dapat dijinakkan dengan mudah dan cepat. Pada umumnya burung yang dijual dipasaran secara langsung tersebut lebih banyak didapat dari alam bebas secara langsung yang kemudian diperjual belikan. Sehingga tidak jarang jika burung kicauan termasuk burung tekukur belum terlalu jinak. Namun, bagi anda pecinta burung kicauan jangan khawatir dengan kesulitan untuk menjinakkannya. Burung terkukur berhabitat asli di alam liar yang berdekatan dengan manusia, seperti di persawahan, ladang, dan di perkebunan dekat dengan pemukiman penduduk. Sehingga anda dapat melakukan beberapa Cara Menjinakkan Burung Tekukur Dengan Mudah yakni sebagai berikut.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

Cara Menjinakkan Burung Tekukur dengan Mudah

Untuk menjinakkan burung tekukur yang masih baru atau berasal dari alam bebas, anda dapat melakukan cara seperti perawatan harian. Perawatan harian ini selain untuk menjaga kesehatan burung juga sebagai langkah untuk menjinakkan burung tekukur agar dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

1. Memandikan Burung Tekukur Di Pagi Hari

Tahap pertama yang dapat anda coba lakukan untuk menjinakkan burung tekukur adalah dengan memandikannya setiap gari. Waktu untuk memandikan burung sekitar pukul 06.00 – 07.00 pagi hari. Cara memandikannyaa cukup dengan memakai semprotan dan menyemprotkan air bersih pada bulu tekukur perlahan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dalam menyemprot burung tekukur usahakan untuk menyemprotnya hingga basah kuyup. Ini bertujuan untuk meningkatkan rasa lapar pada setiap burung jenis apapun, termasuk burung tekukur.

2. Jemur Burung Tekukur

Tahap kedua setelah selesai memandikan burung tekukur anda dapat menjemur burungnya untuk menghindarkan ia dari rasa dingin. Jemur burung dengan menggantung sangkarnya di tempat tinggi yang terkena sinar matahari langsung. Tujuan penjemuran di tempat tinggi adalah untuk menghindarkan dari serangan predator seperti kucing dan anjing.

3. Memberikan Makan

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa rasa dingin setelah dimandikan pada burung tekukur akan meningkatkan rasa lapar. Sehingga penting bagi anda untuk memberinya pakan setelah selesai dimandikan dan dijemur. Dalam pemberian pakan, pertama coba untuk memberinya pakan secara langsung dari tangan anda. Ini bertujuan agar perlahan burung dapat jinak dan tidak mudah takut. Namun, jika burung belum berani untuk makan langsung dari tangan sebaiknya gunakan lidi atau anda dapat secara langsung menaruhnya di tempat makannya.

4. Angin-Anginkan Di Tempat Yang Sejuk

Cara Menjinakkan Burung Tekukur Dengan Mudah selanjutnya dalah dengan memberinya waktu istirahat. Setelah selesai pemberian pakan, anda dapat memberikan waktu istirahat kepada burung tekukur dengan cara menggantungkan sarangnya di tempat yang teduh dan sejuk. Angin-anginkan sangaar burung derkuku di tempat yang sepi, yang jauh dari suara bising manusia atau kendaraan. Yang perlu diingat adalah ketika mengangin-anginkan burung usahakan untuk tidak memandanginyaa secara terus menerus. Ini bertujuan agar ketegangan dari burung tekukur setelah dimandikan dapat segera hilang.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

Beberapa cara tersebut harus dilakukan secara rutin dan telaten hingga burung tekukur milik anda dapat jinak. Selain itu, setelah beberapa minggu anda melakukan langkah tersebut anda juga dapat meberi selingan cara agar burung rajin berbunyi atau manggung. Cara yang dapat anda lakukan yakni dengan memperdengarkan suara-suara mp3 burung masteran yang telah anda download. Lakukan langkah ini setiap hari untuk memancing burung tekukur agar cepat rajin untuk berbunyi.

Itulah Cara Menjinakkan Burung Tekukur Dengan Mudah yang bisa anda coba di rumah. Dalam melakukan cara tersebut anda membutuhkan ketelatenan dan perhatian kepada burung tekukur kesayangan anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor