Tips Merawat Derkuku

oleh -1.514 views
New AGS Bird Farm

Tips Jitu Merawat Derkuku

Olah Pakan Herbal, Jangan Lupakan Vitamin

Ilink Sultan pemilik Lombon Bird Farm mengurai tips perawatan derkuku

Makan menjadi kebutuhan wajib yang tidak bisa ditunda, termasuk juga bagi hewan peliharaan seperti halnya derkuku. Pemberian makan yang benar menentukan tingkat pertumbuhan. Menu yang tersedia memang harus diperhatikan betul, apakah bisa membantu meningkatkan pertumbuhan hewan lebih baik atau tidak.

Artinya bahwa ketika kita memberikan makan, bukan berarti asal menyediakan menu pakan tanpa memperhatikan kandungan yang ada dalam menu pakan tersebut. Selain menu wajib, menu tambahan juga perlu diberikan untuk membantu agar pertumbuhan burung lebih baik dan sehat.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri
Jenis pakan dan herbal yang menjadi menu khusus untuk derkuku.

Ada beberapa menu pakan yang bisa dijadikan pilihan agar pertumbuhan derkuku yang kita pelihara bisa lebih baik dan memberikan manfaat yang benar. Seperti penuturan Ilink Sultan, pemilik Lombok Bird Farm. Adapun menu pakan dan menu tambahan yang dimaksudkan adalah sebagai berikut ;

Pertama, Pakan plus herbal. Hampir setiap peternak, penghobi dan pelomba mengenal betul menu pakan yang harus diberikan kepada derkuku miliknya. Jenis pakan yang diberikan rata-rata sama, mungkin yang membedakan adalah takaran dan waktu yang tepat menurut mereka kapan harus diberikan.

Aneka biji bijian seperti milet putih, beras merah, kacang hijau, kedelai, gabah, jewawut, jagung halus dan lain-lain menjadi menu wajib yang tidak pernah dilewatkan. Sebelum menu tersebut diberikan, ada baiknya untuk dicuci bersih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan pada burung kesayangan kita.

Derkuku dalam kandang harus selalu terhindar dari serangan penyakit.

Agar menu tersebut lebih memiliki manfaat, tidak ada salahnya jika kita mencampurkan dengan herbal. Herbal sendiri berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan atau stamina dan kesehatan pada burung sehingga tidak mudah terserang penyakit. Apalagi kondisi cuaca yang tidak menentu.

Penggunaan herbal memang dinilai lebih aman karena sifatnya alami, sehingga tidak terlalu beresiko pada burung yang mengkonsumsi pakan tersebut. Cara mengoplos menu tersebut adalah milet putih 4 kg, beras merah 3 kg, jagung halus 1 kg, kacang ijo seperempat kg dan sisanya bahan-bahan tersebut. Kemudian jadikan bahan tadi menjadi satu dengan cara mencampur.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang
Perawatan bagus mempengaruhi pada performa burung di lapangan

Selanjutnya menyediakan menu herbal yang terdiri dari kunyit, temu lawak, daun saga, daun mind dan kencur. Masing-masing bahan herbal ini sebanyak satu ruas jari orang dewasa. Kemudian bahan ini dihaluskan dengan menggunakan blender. Campurkan sedikit air sehingga mendapatkan ramuan sebanyak 20 ml.

Setelah bahan herbal menjadi halus, campurkan menu pakan tadi dengan jalan memasukkan ke dalam ramuan herbal. Aduk-aduk sampai rata. Diamkan sejekan, agar proses pencampuran berlagsung dengan baik. Setelah dirasa sudah rata, angkat menu pakan tersebut, kemudian jemur dibawah sinar matahari. Lakukan penjemuran sampai benar-benar kering.

Untuk pengasuhan anakan berikan pur ayam dewasa, agar piyik tidak kegemukan. Kedua, Vitamin Telur. Yang tidak kalah penting adalah pemberian vitamin telur. Ada beberapa kasus yang terjadi dalam kandang ternak, salah satunya telur tidak bisa menetas karena kosong atau tidak ada isinya. Kondisi ini akan mehgentikan proses produksi dalam kandang ternak dan secara otomatis para peternak akan rugi.

Kerugian akan dialami, terlebih jika kejadian ini menimpa pada indukan yang memiliki kualitas bagus. Seharusnya indukan bagus bisa melahirkan anakan namun karena kasus telur tidak bisa menetas, akhirnya kita merasa sedih. Apalagi jika banyak peminat yang ingin mendapatkan keturunan dari indukan tersebut.

Kondisi burung masih piyik saat dierami menentukan hidupnya.

Jika mengalami hal demikian, ada langkah yang bisa dilakukan yakni dengan memaksimalkan telur sehingga tidak kosong. Caranya dengan memberikan pakan tambahan seperti vitamin telur tepung cangkang telur asing, pasir kerang laut. Vitamin telur di teteskan 1 sampai 2 tetes pada kasus telur indukan derkuku yg sulit jadi atau kosong dan diberikan tepung cangkang telur asin pada pakan dan mineral atau grid.

Ketiga, Vitamin B Complex dan Adek. Vitamin ini diberikan untuk merangsang nafsu makan dan stress akibat cuaca yang kurang baik atau juga pemindahan kandang/sangkar. Keempat, vitamin Ektra Vit. Manfaatnya adalah untuk menguatkan stamina dan membuat derkuku selalu gacor.

Kelima, Hormon. Hormon ini diberikan pada derkuku yang mengalami kasus  yang lamban perkembangan mental, bersuara dan sex-nya. Keenam, Trimezyn. Obat untuk memperbaiki jaringan metabolisme akibat infeksi, tembolok bengkak mencret, flu, kurus, nyrukruk, sayap dan bulu terkulai demam dan masalah lainnya.

Ketujuh, Obat Cacing. Penyakit cacing hampir menyerang burung peliharaan termasuk juga derkuku. Jika penyakit ini menyerang, maka kondisi burung akan terlihat kurus, tidak nafsu makan. Dampaknya adalah pada pertumbuhan tubuhnya yang kurang sehat. Ada baiknya obat caing jadikan sebagai cara untuk menuntaskan penyakit ini. Caranya berikan rutin 4 bulan sekali sejak derkuku berumur 2 bulan ke atas.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor