10 Tips Membuat Burung Derkuku Rajin Manggung

10 Tips Membuat Burung Derkuku Rajin Manggung

10 Tips Membuat Burung Derkuku Rajin Manggung

tips membuat burung derkuku rajin manggung
tips membuat burung derkuku rajin manggung

Tips Membuat Burung Derkuku Rajin Manggung – Burung derkuku memiliki panjang tubuh rata-rata sekitar 28-32 cm dengan bulu dominan berwarna hitam gradiasi kelabu atau coklat muda. Burung derkuku ini memiliki suara yang merdu serta memiliki tubuh yang indah sehingga cocok untuk dijadikan burung hias. Keterampilan suaranya tentu harus dilatih terlebih dahulu. Berikut ini akan kami ulas tips membuat burung derkuku rajin manggung, yaitu:

1. Rajin dijemur

Langkah pertama yaitu dengan rajin menjermunya di pagi hari saat sinar matahari hangat dan belum terik. Cara ini agar burung mendapat vitamin alami dari sinat matahari hangat yang akan membuat tubuhnya sehat dan segar.

2. Makanan bergizi

Langkah kedua yaitu berikan makanan yang bergizi seperti jangkrik, ulat biji-bijian, ataupun dedak sesuai takaran. Berikan makanan sebanyak 3 kali sehari dengan takaran. Beri air yang matang untuk air minumnya, jangan beri air minum mentah atau yang kotor karena dapat mempengaruhi kesehatan tenggorokannya dan menyebabkan mudahnya berbagai penyakit masuk. Jaga berat badan burung tekukur tetap proposional supaya ia tidak malas untuk berkicau.

3. Jauhkan dari Stres

Langkah ketiga yaitu jauhkan dari stress. Berikan suasana yang menyenangkan seperti suasana yang nyaman, perlakuan yang baik, teman dari jenis yang sama, serta jauhkan sangkarnya dengan hewan predator yang dapat membuatnya ketakutan. Burung derkuku yang jauh dari stress akan lincah, suaranya nyaring dan memiliki mata yang berbinar sehat.

4. Dekatkan dengan Suara Alam

Langkah ketiga yaitu dekatkan dengan suara alam. Berikan ia suara alam dalam video atau rekaman suara seperti gemericik air dan suara hewan di alam liar supaya memberinya pancingan untuk ikut bersuara. Bila dibiasakan burung ini akan menjadi terbiasa bersuara dengan sendirinya karena merasakan suasana yang ada di alam sekitarnya.

5. Lingkungan kondusif

Langkah kelima yaitu lingkungan kondusif. Berikan burung ini tempat yang tenang seperti letakkan sangkarnya di tempat yang sejuk, jauh dari kebisingan kendaraan. Berikan kenyamanan seperti memiliki kebun kecil di dekat rumah atau pepohonan yang rindang agar ia tidak merasa stes dan sesak sehingga ia tidak malas berkicau.

6. Sering Putarkan Bunyi Burung

Langkah keenam yaitu sering putarkan bunyi burung. Lakukan latihan ini di pagi hari (setelah selesai dimandikan) dan sore hari. Latihan ini akan membuat burung derkuku rajin berkicau.

7. Rutin dimandikan

Langkah ketujuh yaitu rutin dimandikan. Mandikan burung derkuku setiap pagi hari dan jemur ia di matahari pagi yang hangat. Juga bisa sambil berikan suara alam , bermain dan juga bersiul supaya ia mengikuti irama dan sering berbunyi merdu.

8. Jaga Kesehatan Tenggorokan

Langkah kedelapan yaitu jaga kesehatan tenggorokan. Jaga kesehatan tenggorokan dengan memberikan makanan yang bergizi serta menjauhkannya dari stres. Jika tenggorokannya terdapat rasa tidak nyaman ia akan malas bersuara dan cenderung diam.

9. Kandang bersih

Langkah kesembilan yaitu kandang yang bersih. Bersihkan kandang secara rutin agar kondisi kandang tidak lembab dan bebas bakteri. Jangan lupa secara rutin membersihkan tempat makan dan minumnya karena akan mempengaruhi gizi yang masuk ke dalam tubuhnya dan kualitas suaranya.

10. Multivitamin

Langkah kesepuluh yaitu multivitamin. Berikan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuhnya seperti memberikan madu atau kunyit. Caranya dengan mencampurkan madu atau kunyit bersama dengan air minumnya dan berikan secara berkala.

Nah itu saja pembahasan tentang Tips Membuat Burung Derkuku Rajin Manggung. Semoga bermanfaat.

administrator

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.