Gurihnya Beternak Burung Derkuku

oleh -300 views
New AGS Bird Farm
 Gurihnya Beternak Burung Derkuku
Gurihnya Beternak Burung Derkuku

Bisnis yang sedang berkembang dengan banyak komunitas saat ini adalah memelihara burung. Khususnya burung Derkuku atau terkukur sangat memberikan keuntungan yang besar.

Tidak hanya di ternak burung derkuku juga mempunyai event lomba yang biasa diadakan di berbagai daerah seperti tulung agung, Kediri, Jogja, Jakarta bahkan sampai ke Malaysia.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor

Banyak peternakan burung Derkuku di daerah tersebut. Berawal dari burung yang hanya sebagai peliharaan sekarang mulai di gemari semua orang tanpa mengenal batasan usia. Berbagai group sosial mediapun tidak lepas juga di jadikan sebagai sarana media sharing dan jual beli.

Menurut penuturan salah satu peternak derkuku, membudidayakan dan mengembangbiakan burung derkuku tidaklah mudah. Harus ada tahapan yang harus di kuasai mulai dari pemilihan indukan sampai pemeliharaan harian pakan, obat-obatan dan lainnya.

Gurihnya Beternak Burung Derkuku

Untuk mulai beternak sepesies burung ini tidak memperlukan lahan yang luas. Anda bisa menggunakan lokasi kosong hanya beberapa meter saja. Yang perlu diperhatikan adalah lingkungan sekitar yang aman dari predator pemangsa burung seperti ular dll. Cahaya juga sangatlah penting untuk perkembangan burung derkuku.

Walaupun masih banyak penghobi burung kicauan, Burung Derkuku mempunyai arti sendiri bagi para penggemar burung yang banyak dipelihara orang Jawa. Pada umumnya burung ini dipercaya sebagian orang membawa keberuntungan atau di sebut HOKI. Hal ini yang susah di dapatkan dari burung kicau.

Derkuku dalam kandang harus selalu terhindar dari serangan penyakit.

Burung derkuku mempunyai banyak varian, berikut informasi jenis burung derkuku :

Kelompok Ptilinopus (katik-katikan)
Kelompok Treron (punai-punaian)
Kelompok Macropygia (uncal-uncalan)
Kelompok Ducula (pergam-pergaman)
Kelompok Goura (mabruk-mabrukan)
Kelompok Columba (merpati-merpatian)
Kelompok Geopelia (perkutut-perkututan)
Kelompok Caloenas (junai-junaian)
Kelompok Streptopelia (tekukur-tekukuran)

Gurihnya Beternak Burung Derkuku

Banyak varian atau jenis burung derkuku yang bisa di jadikan sebagai komoditi bisnis Anda. Burung derkuku yang dahulu dijadikan burung rumahan sekarang naik pamor di minati pasar. Derkuku juga banyak di banjiri dengan jenis derkuku import lainnya. Tapi juga tidak sedikit yang mengembangkan jenis derkuku lokal untuk menghindari kepunahan. Derkuku lokal mempunyai penggemar tersendiri begitupun derkuku luar.

Bisnis breeding derkuku sangat menjanjikan dengan banyak permintaan pasar lokal dan luar. Harga burung derkuku mulai 50 ribu ratusan ribu sampai jutaan untuk derkuku lomba. Dengan potensi bisnis besar ini, Untuk mulai bisnis baik menjadi pedagang atau pertenak, Anda bisa belajar dari para peternak atau bisa membeli buku panduan ternak derkuku di toko – toko buku terdekat. Terima Kasih.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri