Bam’s2G Sidoarjo

oleh -709 views
New AGS Bird Farm

Bam’s2G Bird Farm Sidoarjo

Sebar Produk Berkualitas Harga Terjangkau

Bambang Supriyanto (kanan) mengembangkan produk berkualitas harga terjangkau.

Misi yang dilakukan Bambang Supriyanto dalam menekuni ternak burung derkuku dan puter pelung tergolong mulia dan bisa menjadi contoh yang lain. Ketika memutuskan untuk menjadi peternak, tujuan utama tidak semata-mata menyalurkan hobi dan menimba hasil dari hobi itu sendiri, tetapi ingin memberikan apa yang dilakukan kepada orang lain sehingga mereka bisa pula melakukan apa yang dilakukannya.

Menurut Bambang, selama ini hobi derkuku dan puter pelung hanya bisa dirasakan oleh beberapa kalangan tertentu saja. Jumlah penghobi apalagi peternak masih sangat minim sekali. Penyebabnya adalah harga produk yang belum terjangkau oleh sebagian lapisan masyarakat. Kondisi inilah yang menjadi pemikirannya.

Arumania Bird Farm - Sunaryo - Kediri

“Ketika saya berkunjung kebeberapa pasar burung, ada omongan yang mengatakan bahwa harga derkuku dan puter pelung belum terjangkau, apalagi burung dengan kualitas untuk lomba. Tidak sedikit yang mengatakan harga burung derkuku dan puter pelung masih mahal,” terang Ketua P4SI (Persatuan Penggemar Puter Pelung Seluruh Indonesia) Jawa Timur.

Kenyataan inilah yang membuat dirinya mengelus dada. Jika dibiarkan maka misi untuk memasyaratkan puter pelung dan derkuku akan mengalami kendala. Padahal potensi menyemarakkan hobi derkuku dan puter pelung di Jawa Timur sangat bagus, namun terkendala oleh harga yang belum terjangkau oleh sebagian masyarakat. Sampai akhirnya, Bambang melakukan langkah membangun kandang ternak untuk derkuku dan puter pelung dengan jumlah sampai saat ini mencapai 60 petak dari 100 kandang yang direncanakan.

Kandang ternak yang dipersiapkan untuk mengembangkan derkuku dan puter pelung.

Cara ini dilakukan agar dirinya bisa menyebarkan produk kedua burung tersebut ke masyarakat, tentunya dengan harga terjangkau. Meski terjangkau, Bambang mengaku tetap memperhatikan kualitas. Kuantitas yang berkualitas. Beberapa indukan yang dipersiapkan merupakan burung prestasi yang pernah masuk dalam daftar kejuaraan.

Semisal untuk indukan derkuku, sebuat saja Power Ranger, Larasati, Joko Sembung, ditambah oleh beberapa indukan yang didatangkan dari B2W BF, FLA BF, Tresno BF, KRN BF dan beberapa trah bagus lainnya. Sedangkan untuk indukan puter pelung adalah adik Kendil Mas yang didapatk dari Hanaya BF, trah Pasir Mas, Purwaceng, Samin, Medok, Raja Kwok dan indukan lainnya.

Produk-produk inilah nantinya akan disebar, tentu saja dengan harga terjangkau. Harapannya agar masyarakat yang selama ini terkendala dengan harga burung yang katanya mahal, bisa menikmati burung berkualitas dengan harga terjangkau lewat produk yang dihasilkan Bam’s2G Bird Farm Sidoarjo.

DK Bird Farm - Derkuku & Puter Pelung - Tangerang

“Saya menargetkan bahwa tahun 2019 saya harus bisa mencetak produk dalam jumlah besar namun tetap berkualitas plus harga terjangkau. Ini misi yang harus saya realisasikan demi menyemarakkan hobi derkuku dan puter pelung, terutama di Jawa Timur,” paparnya lagi. Bahkan dirinya mengaku, memberikan peluang kepada masyarakat yang ingin mengikuti jejaknya untuk ternak derkuku ataupun puter pelung, bisa langsung menuju ke kandang ternak yang berada di kawasan Kahuripan Sidoarjo.

Bam’s2G terus membangun kandang sampai mencapai 100 petak demi penyebaran produk.

Nyunggi Wakul Bird Farm - Cak Hari - Gunung Putri- Bogor